Bersama para nelayan dan dinas tenaga kerja Banyuwangi

Pengawasan Program Disnaker


 

Pada 05 Januari 2016, saya berkesempatan silaturrahim dengan para nelayan Banyuwangi. Pertemuan berlangsung  di Muncar, Banyuwangi. Pertemuan tersebut bertema sosialisasi penerapan K3 Nelayan. Sekira seratus nelayan menghadiri acara ini.

Tujuan kedatangan saya adalah dalam rangka monitoring program Kementerian Tenaga Kerja yaitu berupa

Memperhatikan salah satu peserta memakai peralatan K3

Memperhatikan salah satu peserta memakai peralatan K3

pemberian bantuan peralatan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) untuk para nelayan.  Adapun bantuan yang diberikan berupa pelampung, jas hujan, helm, pelindung wajah, senter dan sepatu. Bantuan tersebut diberikan kepada 100 nelayan yang sudah tercatat di dinas tenaga kerja Kab.Banyuwangi.

Kepala kantor perikanan&kelautan Muncar, Bapak Abidin, SP, mensosialisasikan tentang Administrasi kenelayanan. Disamping Pak Abidin, hadir juga Sekretaris Disnaker bapak Megawan yang menyampaikan mengenai pentingnya prosedur keselamatan kerja. Sedangkan saya berbicara tentang pendidikan dan kesehatan keluarga nelayan.

Acara sosialisasi ini bertujuan agar  para nelayan dapat mengetahui dan menggunakan alat tersebut dengan maksimal.  Alat-alat tersebut sangat berguna sebagai cara untuk menjaga kesehatan dan keselamatan nelayan selama bekerja.

Mengingat kewajiban negara memastikan keselamatan pekerja, maka saya mengapresiasi langkah kementrian ketenagakerjaan dan berharap program-program semacam ini di daerah-daerah lain diadakan  sesuai dengan kebutuhan para pekerja.   Saya juga mendorong agar kementrian ketenagakerjaan bekerja dengan kementrian-kementrian lain untuk membuat design program bersama yang berorientasi memastikan keselamatan dan kesehatan pekerja.




Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.