00image

Kunjungan Masyarakat : Dusun Jatipasir


Kali ini saya mengunjungi Dusun Jatipasir di Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Dusun ini berasa ditengah perkebunan dan memiliki potensi kopi dan talas yang luar biasa bagus. Tetapi sayangnya selama ini kopi dengan brand “Jatipasir” dikemas oleh orang luar daerah sehingga masyarakat tidak mendapat manfaat langsung. Oleh sebab itu, masyarakat meminta adanya pelatihan dan peralatan untuk mengolah kopi Robusta Jatipasir menjadi kemasan yang siap jual. Ketersediaan talas yang sangat banyak dan berkualitas juga mendorong mahasiswa KKN IAIDA melakukan inisiasi untuk mengemas talas menjadi produk yang layak jual. Selama masa KKN, mahasiswa IAIDA ini tinggal di perpustakaan sekolah.
Di dusun ini pendidikan yang ada baru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, masih diperlukan peningkatan SDM. Mereka membutuhkan buku-buku untuk sekolah, terutama buku-buku keagamaaan.
Dusun Jatipasir juga memiliki air terjun yang bagus yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam, namun untuk mencapai lokasi ini terhitung sulit, untuk itu diperlukan perbaikan sarana jalan dari investor terlebih dahulu. Mereka juga membutuhkan PAM air untuk pengolahan sumber daya air yang lebih merata.
Selesai bersilaturrahmi saya diberi oleh-oleh kopi Robusta oleh warga Dusun Jatipasir.

 

jatipasir copy




Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.