03

Kunjungan kerja Komisi IX DPR RI ke Provinsi Maluku Utara 2


Jadwal Kunker hari ke dua mengunjungi BLK Ternate. Balai Latihan Kerja ini sdh berdiri sejak 1985, dan terus berkembang dari 12 kelas training sekarang menjadi 26 kelas training. Dari 26 kelas paling tidak ada 6 kelas yg melibatkan perempuan: kelas komputer,administrasi, perkantoran, menjahit, bordir, dan tataboga.

Program-program yg dilaksanakan oleh BLK Ternate meliputi uji kompetensi, sertifikasi, pemagangan berbasis pengguna tenaga kerja, dan kerjasama pihak ketiga di bidang pelatihan. Semua demi mewujudkan SDM yg kompeten, profesional dan produktif yang mampu bersaing ditingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Pada kesempatan ini, saya menekankan agar terus mengembangkan keterampilan-keterampilan yang sesuai kebutuhan dan keahlian masyarakat setempat, tidak hanya keahlian-keahlian yang dibutuhkan industri, tapi keahlian untuk mengembangkan kemandirian ekonomi.

Hal lain yang saya soroti juga agar BLK dapat mengembangkan keterampilan kerja untuk perempuan juga teman-teman disabilitas. Dan sebagai wilayah kepulauan BLK juga harus disesuaikan dengan kebutuhan geografis, misalnya dengan pengadaan asrama dan penyediaan transportasi yang memadai agar menjangkau masyarakat secara luas.

Semoga dengan adanya BLK ini seluruh tenaga kerja dan masyarakat dapat memanfaatkan program yang ada secara optimal agar dapat meningkatkan kualitas SDM secara merata.

 kunkerternate-copy-copy



Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.