15042244_699564943529212_5370557362618493065_o

Selamat Hari Pahlawan Nasional


Pahlawan tidak pernah ingin dikenal bahkan dikenang sebagai orang yang berjasa. Tidak ada pemimpin dan pejuang besar yang meminta secara khusus untuk diabadikan dalam sejarah. Tetapi, bagaimanapun juga, tapak mereka dalam menggoreskan semangatnya berbuat untuk bangsanya telah membawa Indonesia ke sebuah gerbang kehidupan hingga saat ini yang merdeka dan berdaulat. Mereka juga mengisi kemerdekaan itu dengan semangat pengabdian yang tinggi ke bangsa. Pahlawan adalah mereka yang telah berjasa buat kita.

Setiap 10 November kita selalu mengenang heroisme rakyat Surabaya mempertahankan kotanya dari pendudukan Sekutu. Ini merupakan aksi rakyat pertama usai pembacaan proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 di Jakarta. Bung Tomo dengan pidatonya yang membangkitkan semangat menjadi semacam sumbu spirit perjuangan bagi rakyat Indonesia saat itu.

Kemerdekaan kita, kemajuan bangsa hari ini, bahkan terhindarnya bangsa dari marabahaya adalah sebentuk jasa para pahlawan yang tidak ternilai. Mereka semua berjuang demi sebuah cita-cita besar bagi generasi penerusnya. Sesuatu yang terkadang kita–sebagai generasi penerus–menganggap semua pencapaian bangsa ini bukan tanpa perjuangan yang panjang.

Maka dari itu dapatkah kita mempertahankan semangat juang pahlawan dan menerapkannya dalam kehidupan kita? Akankah kita menjadi pahlawan bagi bangsa kita selanjutnya?

Selamat Hari Pahlawan Nasional. Kobarkan semangat berjuang disetiap jengkal langkah kita…!!!




Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.