featured-image_santri

PARLEMEN SANTRI : PENDIDIKAN POLITIK DENGAN MENJADI ANGGOTA PARLEMEN SEHARI


Menyambut HUT ke-17, Fraksi PKB DPR RI menggelar acara “Parlemen Santri” yang melibatkan ratusan santri dari berbagai daerah di salah satu ruangan Gedung Nusantara II, DPR RI. Pesertanya diseleksi melalui kegiatan perlombaan menulis opini yang bertemakan politik. Parlemen santri, merupakan pendidikan politik bagi para santri.

Dalam kegiatan ini, para santri menjadi anggota DPR dalam sehari. Mereka belajar proses penyusunan undang-undang mulai awal hingga penetapan. Mereka bahkan diberikan kesempatan untuk langsung merasakan pengalaman menjadi Anggota Parlemen dengan diadakannya simulasi Sidang Paripurna, setelah sebelumnya anggota dibagi menjadi beberapa Fraksi Mini dengan bantuan pembimbing-pembimbing dari staf DPR.

Dengan kegiatan ini para santri bisa memahami proses dan aktivitas parlemen secara utuh. Para peserta diharapkan bisa memahami bahwa anggota DPR tidak hanya “datang, duduk, dan diam” saja, tapi mereka aktif memperjuangkan aspirasi masyarakat.




Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.