pengalaman-legislator-pkb-nihayatul-wafiroh-yang-menikah-di-usia-muda_m_121982

Nihayatul Wafiroh Apresiasi Langkah Kemenaker Terhadap Kasus di Tangerang


Nihayatul Wafiroh mengapresiasi langkah kemenaker menginvestigasi sistem keselamatan dan kesehatan kerja (k3) di perusahaan mercon Tangerang. Ia juga mendukung langkah kemenaker memastikan terjaminnya hak pekerja baik hak mendapatkan jaminan sosial dan upah.
‘ Langkah kemenaker ini sudah tepat. Kemenaker membentuk tim untuk menginvestigasi kemungkinan pelanggaran perusahaan dalam K3 dan juga untuk menjamin pemenuhan hak-hak pekerja. Ini menunjukkan komitmen kemenaker  pada pekerja.’ Jelas anggota DPR RI komisi IX ini.
 Nihayah menjelaskan perusahaan harus menjadikan keselamatan dan kesehatan pekerja sebagai prioritas. Tewasnya 47 pekerja saat mereka bekerja di perusahaan PT. Buana menunjukkan masih  rawannya keselamatan dan kesehatan pekerja. Karenanya, untuk tidak terjadi lagi kasus serupa harus ada investigasi yang nanti hasilnya dijelaskan ke publik, agar menjadi perhatian banyak pihak.
‘ Hasil investigasi harus ditunjukkan ke publik agar menjadi perhatian perusahaan-perusahan dalam menjalankan sistem keselamatan dan kesehata kerja. Agar perusahaan tidak hanya mau mengambil untung saja saat memperkerjakan orang. Selain itu juga agar pekerja dapat mengetahui dan memahami hak-haknya’ Tegasnya.
Politisi yang konsen terhadap kesehatan ibu dan anak ini menambahkan pentingnya tim yang dibentuk kemenaker juga berkoordinasi dengan kementrian kesehatan dan kementrian sosial. Dengan kementrian kesehatan untuk memastikan jaminan kesehatan untuk anak-anak dan keluarga yang menjadi tanggungan pekerja yang meninggal. Sedangkan dengan kementrian sosial untuk.menjamin keluarga yang ditinggalkan mendapat jaminan sosial.



Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.