4pilar

Begini Cara Anggota DPR Membuat Siswa Senang Sosialiasi 4 Pilar


Membuat para siswa nyaman mengikuti sosialisasi 4 Pilar, bukanlah perkara mudah. Yang sering, generasi muda kerap merasa jenuh. Namun itu tidak berlaku bagi anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Jatim III, Dr Hj Nihayatul Wafiroh MA. Dia punya jurus jitu membuat para siswa fokus dan tertarik dalam mengikuti sosialisasi 4 Pilar.

Seperti yang dia lakukan saat menjadi pemateri sosialisasi 4 Pilar Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di MAN Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (6/1/2017). Wakil rakyat asli Bumi Blambangan ini mendapat tepuk tangan siswa yang bersemangat mendengar paparan 4 pilar.

Paparan menjadi menarik karena disela-sela materi, Nihayatul juga memberi motivasi pada puluhan siswa peserta plus pertanyaan berhadiah bagi siswa yang bertanya. Siswa yang awalnya malu-malu akhirnya berani dan berebut bertanya.

“Siapa yang ranking satu ini, harus bisa menjawab pertanyaan saya,” cetusnya langsung diikuti gelak tawa siswa.

Dalam kesempatan ini, anggota dewan dari keluarga besar ponpes Darussalam Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi ini menjelaskan apa itu 4 Pilar dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

“Yang gampang itu disingkat PBNU, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945,” ungkapnya.

Tapi, lanjutnya, urutan yang sesuai adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan sebagai pilar keempat adalah Bhineka Tunggal Ika.

Sosialisasi 4 Pilar ini sengaja dilakukan terus menerus oleh Nihayatul di Dapil Jatim III. Baik untuk kalangan keagamaan, organisasi kepemudaan, mahasiswa hingga pelajar. Tujuanya untuk meminimalisir masuknya isu memecah belah yang belakangan kerap menerpa bangsa Indonesia. Termasuk berisi ‘wanti-wanti’ atas banyaknya berita hoax di media sosial.

“Khusus para siswa mereka harus memiliki pemahaman yang baik tentang 4 Pilar, karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” ungkap Nihayatul.

Untuk motivasi, sambungnya, kami berikan agar para siswa bisa merencanakan masa depannya dengan lebih baik.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN Banyuwangi, Drs H Soeroji M PDI MAg, berharap sosialisasi 4 pilar mampu memberi pencerahan kepada anak didiknya. Apalagi pemateri acara kali langsung dari anggota DPR RI.

“Kehadiran wakil rakyat DPR RI, kami harap bisa menjadi motivasi siswa, dan materi 4 pilar mampu membentengi siswa,” katanya.

 

 

http://banyuwangi.timesindonesia.co.id/read/134145/1/20170106/100426/begini-cara-anggota-dpr-membuat-siswa-senang-sosialiasi-4-pilar/




Nihayatul Wafiroh

Adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur III (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo). Saat ini juga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di Dewan Pengurus Pusat PKB. Aktif dalam Kaukus Perempuan Parlemen RI sebagai Wakil Sekretaris.